Minggu, 25 Februari 2018

kegiatan yayasan insan cemerlang

 PRIORITAS KEGIATAN

 Kegiatan-kegiatan yayasan sebagaimana tercantum di muka serta termaktub di dalam anggaran dasar yayasan sebagian merupakan rencana kegiatan secara umum dan diikhtiarkan dapat dilaksanakan dalam jangka panjang, sebagian dalam jangka menengah, dan sebagian lagi dalam jangka dekat. Ada pula beberapa kegiatan perintisan sudah berjalan seperti Taman Pendidikan Qur’an yang nantinya akan disatukan dalam wadah Rumah Qur’an.
 Kegiatan yang sedang dijalankan adalah :

 a. Rumah Qur’an “Al Bayan”

 Kegiatan Rumah Qur’an telah dirintis melalui kegiatan Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dengan mengambil tempat di Musholla Al Ikhlash Dukuh Kemaron. TPQ diikuti oleh anak-anak usia prasekolah hingga sekolah dasar (SD). Waktu belajar tiap sore sehabis maghrib kecuali Kamis malam Jum’at. Dengan mengembangkan TPQ menjadi Rumah Qur’an kami berharap dapat melaksanakan kegiatan bernuansa Al Quran yang lebih banyak (variatif) seperti perbaikan bacaan quran (tahsin), hafalan quran (tahfidz), belajar lagu/langgam bacaan quran (tilawah), kajian tafsir quran, dan sebagainya. Sasaran peserta pun dapat diperluas segmennya, baik dari segi usia maupun domisili. Tidak hanya anak-anak yang tinggal di Dukuh Kemaron yang dapat mengikuti kegiatan ini.

 b. PAUD/TK/Kelompok Bermain “Insan Cemerlang”

Merupakan sarana pendidikan bagi anak-anak usia dini (prasekolah). Pendidikan ini sangat penting untuk meletakan dasar berfikir dan bertindak bagi anak-anak yang menjadi tumpuan harapan di masa mendatang. Kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah dimulai pada 18 Juli 2016. Sebelumnya telah diadakan pertemuan penyelenggara dengan para wali murid pada 16 Juli 2016. Untuk sementara, pelaksanaan KBM bertempat di salah satu rumah pengurus yayasan karena belum ada bangunan ruang kelas. Sebagai informasi, yayasan telah memiliki 2 (dua) bidang tanah seluas 232 meter persegi yang diperoleh secara gotong royong melalui program wakaf tunai. Di masa mendatang, bila ruang kelas dan kantor sudah dapat dibangun, kegiatan yayasan akan dipusatkan di atas lahan tersebut. Terima kasih tak terhingga disampaikan kepada para dermawan yang telah berpartisipasi dalam program wakaf tunai. Program wakaf tunai tetap dilanjutkan untuk memperluas lahan. Pembangunan ruang kelas dan kantor yayasan sudah mulai direncanakan seiring dimulainya kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QURBAN BERKAH UNTUK MASYARAKAT

QURBAN BERSAMA MASYARAKAT Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Menyambut Hari Raya Idul Adha tahun 1440 H, Yayasan In...